Cara mengatasi dengung pada power amplifier rakitan

Dalam perakitan dan penggunaan power amplifier rakitan, tentu kita sudah tidak asing dengan satu hal ini. Yaitu suara dengung. Mulai dari hanya terdengar lirih bahkan sampai ada yang sangat keras suara dengungannya. Tentu hal ini sangatlah mengganggu dan membuat tidak nyaman ditelinga bukan?

Dan berikut ini saya akan berbagi beberapa tips untuk menghilangkan atau setidaknya meredam suara dengung tersebut seminim mungkin. Dan tentu saja hal ini berdasarkan dari pengalaman saya pribadi dalam merakit sebuah power amplifier.

1.WIRING / PENGKABELAN
Ada beberapa perakit yang mungkin menyepelekan salah satu hal ini. Akan tetapi, pengkabelan untuk instalasi power amplifier rakitan sangatlah besar berkontribusi dalam menghasilkan suara dengungan. Untuk menghindari hal tersebut sebaiknya pertimbangkan beberapa hal ini untuk instalasi pengkabelan. 
  • Gunakanlah kabel skerem / kabel head / kabel stereo sebagai kabel input audio. Baik dari assesoris audio menuju ke power amplifier, maupun yang menuju ke driver power amplifier. Konfigurasi kabel ini dengan dua buah kabel induk yang dibalut oleh kabel grounding dan dibungkus dengan karet sehingga bisa meminimalisir dan meredam dari gangguan sinyal sinyal liar yang ada disekitarnya. 
  • Gunakanlah kabel dengan kualitas yang terbaik.
  • Jauhkan instalasi kabel tersebut khususnya kabel input, dari sumber medan magnet / transformator. 
  • Sebaiknya penyolderan ujung kabel kabel tersebut sekuat mungkin dalam papan pcb maupun pin konektor. 
  • Usahakan sependek dan serapi mungkin dalam penerapan instalasi pengkabelan tersebut.
2.GROUNDING SYSTEM 
Selalu gunakanlah grounding system menggunakan teknik star grounding. Apa itu star grounding? Yaitu penerapan grounding hanya dalam satu titik, Yaitu pada CT elco / kapasitor power supply. 
Baik itu dari driver power amplifier, assesoris, input dan output ke speaker.



3.GUNAKANLAH BOXS AMPLIFIER BERBAHAN LOGAM
 Dengan menggunakan boxs berbahan logam, juga akan lebih mampu meredam suara dengung daripada menggunakan boxs berbahan non logam. Akan tetapi apabila terpaksa menggunakan boxs berbahan non logam, koneksikan body potensiometer volume menuju ke CT elco power supply juga (star grounding). 

4.ELCO / KAPASITOR POWER SUPPLY
Gunakan elco / kapasitor yang berkualitas baik untuk power supply. Juga sesuaikan nilai kapasitansi elco sesuai dengan kemampuan yang dibutuhkan oleh power amplifier tersebut. kualitas elco / kapasitor abal abal dan kapasitor yang telah kering, nilai kapasitansinya sangat diragukan. Sehingga seandainya antara kanal positive (+) dan negative (-) tidak seimbang, juga akan menghasilkan suara dengung karena tidak sempurna dalam meredam riak riak arus dari transformator. 

5.GROUNDING KE TANAH
Langkah terakhir, koneksikan boxs amplifier ke tanah dengan menggunakan kabel ke batang logam yang sebelumnya telah ditancapkan kedalam tanah minimal 50cm. Batang logam yang terbaik dapat menggunakan batang logam berbahan tembaga, akan tetapi juga tidak masalah jika hanya menggunakan batang besi. Selain meredam dengungan karena tidak sempurnanya grounding, juga akan membuang arus listrik seandainya ada kebocoran arus dari transformator maupun perangkat lain. 


Semoga bermanfaat dan terus berkarya !

Posting Komentar

0 Komentar