Pengertian dan jenis avometer / multitester

Avometer berasal dari dua suku kata yaitu "avo" dan meter. Dimana avo sendiri memiliki arti A untuk ampere V untuk voltase dan O untuk ohm.
Pada umumnya avo meter juga sering disebut dengan multitester atau multimeter.

Avo meter pada dasarnya adalah sebuah alat pengukur elektronik, yang dapat digunakan untuk keperluan mengukur berbagai komponen elektronika maupun elektrik. Seperti misalnya tegangan listrik AC maupun DC, arus, mengukur hambatan resistor, transistor, dioda dan berbagai macam komponen elektronika lainnya.  Merupakan satu alat yang wajib digunakan oleh para teknisi teknisi elektronika maupun teknisi listrik.

Terdapat dua jenis avometer yang biasanya sering digunakan, yaitu avometer digital dan avometer analog.



1.Avometer digital 

Avometer digital menggunakan layar LCD sebagai penunjuk angka angka hasil dari pengukuran.  Sehingga akan mudah diketahui tanpa harus mengkonversinya menggunakan range atau divisi. Harga Avometer digital biasanya lebih mahal daripada Avometer analog.

2.Avometer analog

Sedangkan Avometer analog menggunakan jarum sebagai penunjuk skalanya. Dan untuk mengetahui hasil dari pengukuran, harus dibaca berdasarkan range atau divisinya. Keakuratan pengukuran menggunakan Avometer analog dibatasi oleh lebar dari skala pointer, getaran pointer, keakuratan pencetakan gandar, kalibari skala NOL dan jumlah rentang skala. 

Pemilihan untuk penggunaan dari ke dua jenis Avometer tersebut, kembali kepada fungsi dan kebutuhan masing masing dari kita dan juga tentunya menyesuaikan dengan budget kita.

Posting Komentar

0 Komentar