pengertian dan cara kerja kontaktor


Magnetik contactor ialah salah satu dari sekian banyak jenis alat yang digunakan dalam instalasi kelistrikan khususnya dalam instalasi panel listrik. 

Memiliki fungsi sebagai saklar listrik yang kebanyakan difungsikan dalam dunia industri. Magnetik kontaktor juga memerlukan energi listrik yang digunakan untuk membuatnya dapat bekerja, yaitu untuk memberikan Tegangan kepada coil / lilitan kawat tembaga didalamnya sehingga akan menghasilakan gaya induksi  elektromagnetik. 

Kontak dalam kontaktor terdiri dari kontak utama dan kontak bantu, kontak utama digunakan untuk rangkaian daya dan kontak bantu digunakan sebagai rangkaian kontrol. 

Saat lilitan kawat tembaga yang sudah dialiri tegangan listrik dan menghasilkan gaya Induksi elektromagnetik, sehingga akan menarik contact point (Kutub saklar) Sehingga kutup yang pada awalnya tidak terhubung menjadi terhubung, begitu pula sebaliknya kutub yang tadinya terhubung akan terlepas menjadi tidak terhubung. 

Bagian penting dalam kontaktor

1.kumparan kawat coil

Biasanya memiliki simbol A1 & A2 yang akan bekerja apabila mendapatkan tegangan listrik. 

2.Kontak utama 

Terdiri dari simbol angka-angka 1, 2, 3, 4, 5, 6.

3.Kontak bantu

Memiliki simbol dari angka-angka yang biasanya terdiri dari angka 11, 12, 13 , 14 atau angka 21, 22, 23, 24.

Jenis kutub dalam kontaktor

Ada dua jenis kutub yang terdapat dalam sebuah kontaktor, yaitu :

            > kutub normally open (NO) 
            > kutub normally close (NC) 

1.kutub normally open (NO) 

Kutub normally open memiliki maksud dimana ketika kontaktor belum bekerja atau belum diberikan tegangan listrik posisi kutub ini dalam posisi tidak terhubung / terbuka. 
Dan ketika kontaktor sudah diberikan tegangan listrik posisi kutubnya dalam posisi terhubung /tertutup.

2.kutub normally close (NC) 

Kutub normally close adalah kebalikan dari kutub normally open. Yaitu ketika kontaktor belum dialiri tegangan listrik posisi kutubnya tertutup,
Dan ketika kontaktor sudah diberikan tegangan listrik, posisi kutupnya dalam posisi terbuka. 

Kutub jenis normally open (NO) dan normally close (NC) dapat kita temukan tidak hanya dalam kontaktor, tapi juga terdapat dalam thermal overload relay, Timer, Controller, komponen relay, Sensor elektronik dan masih banyak lagi yang dapat kita temukan dalam peralatan listrik maupun elektronika.

Posting Komentar

0 Komentar