cara mudah mem BTL power amplifier

 banyak cara bagi penghobby audio untuk meningkatkan kemampuan dan daya power amplifier kesayangan mereka, khususnya pengguuna power amplifier rakitan.

mulai dari memperbesar daya dan voltase trafo, menambah jumlah rangkaian transistor final hingga berexsperiment dengan menggunakan berbagai macam driver power amplifier dan memodifikasinya.

dan yang paling banyak dilakukan oleh para audio mania khususnya yang menggunakan speaker berdaya besar yaitu dengan cara mem BTL nya.

sistem BTL dalam dunia audio memiliki kepanjangan Bridge transformer  less. dimana memiliki arti penerapan sebuah sistem jembatan yang meniadakan peran transformator impedansi didalam melimpahkan daya outputnya yang menuju ke speaker.

dimana cara kerjanya ialah menggabungkan 2 driver (stereo) dijadiakan satu kesatuan rangkaian (mono) sehingga daya yang hasilkan juga akan semakin meningkat dan sangat kuat.

ada dua macam cara yang lazim digunakan untuk mem BTL power amplifier ini, yaitu dengan menggunakan resistor dan menggunakan kit filter BTL.

1.menggunakan resistor

berikut adalah skema sederhananya


gambar skema ini hanyalah dari gambaran sederhana pada bagian penguat input saja yang digunakan sebagai contoh untuk memudahkan memahaminya.

dari gambar skema tersebut diatas,kita hanya memerlukan sebuah resistor untuk mem BTL dengan ukuran 33K. dimana penyambungannya adalah antara output jalur speaker yang diatas dan dihubungkan menuju ke transistor bagian bawah (dif).

nilai dari resistor tersebut yang berukuran 33K hanya sebagai contoh saja, dikarenakan pada penggunaannya tergantung dari nilai resistor feedback yaang digunakan pada driver yang anda gunakan.

dari gambar diatas dapat kita ketahui bahwa resistor BTL 33K terpasang pada jalur output power atas dan diumpankan menuju jalur inverting input power bawah, dimana tujuannya adalah sebagai pembalik fasa agar menjadi jalur fasa negatif. sedangkan input power bagian bawah harus harus dilakukan penjumperan menuju ke ground. karena yang difungsikan selanjutnya untuk jalur input hanyalah power bagian atas.

2.menggunakan kit filter BTL

apabila dengan cara seperti nomer satu diatas terasa sangat memusingkan, karena sobat perlu mempelajari dan mencari jalur komponen, dengan menggunakan cara kedua ini lebih mudah dilakukan dengan menggunakan sebuah kit yang kebanyakan orang menyebutnya dengan nama kit filter BTL.


fungsi dari kit ini sebenarnya sama saja sebagai pembalik fasa, sehingga karena sudah terdapat kit ini pada jalur input sebelum driver power, sehingga kita sudah tidak perlu lagi memodifikasi komponen dan jalur pada driver power yang akan di BTL.

komponen pada kit filter ini menggunakan komponen aktif dan mengunakan sebuah ic op-amp, sehingga dibutuhkan suplly berkisar antara 12 hingga 15vdc


namun perlu diperhatikan, sebelum menggunakan dan menerapkan sistem BTL ini, akan lebih baik apabila anda mengetahui sistem kerja dari metode BTL ini.

dan saat pemasangan instalasi maupun saat menggunakan power amplifier  juga harus lebih  berhati hati. karena apabila terdapat kesalahan maupun penggunaan yg kurang tepat, akan dengan mudah menjebolkan spul speaker anda. karena daya yang dihasilkan oleh power amplifier dengan menerapkan sistem BTL ini akan menjadi  sangat besar.


salam

Posting Komentar

0 Komentar