fungsi speaker protector pada power amplifier

Bagi anda yang sering mengutak atik maupun merangkai power amplifier, khususnya yang berdaya watt menengah hingga berdaya watt tinggi.
pasti sudah tidak asing dengan salah satu komponen ini, yaitu speaker protector.

akan tetapi bagi sebagian orang awam maupun pemula, pasti akan bertanya tanya apa sih fungsi dan kegunaan dari speaker protector ini?


pada dasarnya rangkaian speaker protector memiliki fungsi yang sangat vital dalam pengoperasian sebuah power amplifier khususnya dengan daya watt yang besar.

dimana kit ini memiliki fungsi untuk menahan koneksi antara sebuah rangkaian power amplifier dengan speaker selama beberapa detik, ketika pertama kali dinyalakan.
sehingga akan menghindarkan suara jeduk  pada speaker.

selain fungsi diatas, speaker protector juga akan mendeteksi ketika sebuah power amplifier mengeluarkan arus DCO berlebihan yang dapat menghanguskan spul speaker.
jadi ketika ada arus DCO yang berlebihan, ketika rangkaian speaker protector mendeteksinya akan memutuskan jalur dari power amplifier yang menuju speaker secara otomatis.

selain fungsi fungsi diatas, ada juga beberapa rangkaian speaker protector yang di desain dan dilengkapi dengan sensor suhu yang ditempelkan pada heatsink transistor final.
jadi ketika power amplifier bekerja dengan full power atau ketika kipas pendingin mengalami kegagalan kerja dan tidak diketahui oleh operator, sehingga akan mengakibatkan suhu kerja dari transistor final akan sangat panas.
ketika hal itu terjadi, rangkaian ini akan mendeteksinya dan akan mengaktifkan proteksi dengan memutuskan jalur yang menuju ke speaker sehingga akan menghindarkan kerusakan pada transistor final.
suhu kerja yang biasanya terdeteksi ketika proteksi aktif sekitar 80°celcius.

pada foto speaker protector diatas, merupakan kit speaker protector rangkaian saya sendiri dengan beban maximal 30A.
tentunya dengan kualitas pcb dan komponen yang sangat baik.

tersedia melalui marketplace tokopedia/bukalapak/shopee
atau bisa melalui kolom komentar gan.

selamat berkarya..

Posting Komentar

0 Komentar