Fungsi dan kegunaan AVR dalam genset

Auto voltage regulator (AVR)

    Dalam keseharian hidup manusia modern seperti saat ini adalah satu hal yang selalu tak luput dan selalu digunakan dalam kehidupan kita sehari-hari yaitu penggunaan energi listrik. Yaitu digunakan untuk menunjang mobilitas kerja industri maupun penggunaan alat-alat rumah tangga. Dimana Sumber energi listrik bisa kita dapatkan dari PLN maupun dari genset (generator). 
   Seperti halnya dalam dunia industri maupun rumah tangga, bilamana terdapat gangguan pasokan energi listrik dari PLN maka alternatif untuk mendapatkan energi listrik cadangan adalah menggunakan genset.
   Seperti kita ketahui, voltase, frekuensi dan arus listrik yang dihasilkan langsung oleh generator sangatlah tidak stabil,bisa terlalu rendah, bahkan kadang akan naik diatas batas maximal. 
Oleh karena hal tersebut bisa menjadikan pengaruh yang sangat buruk terhadap alat-alat yang menggunakan energi listrik dari genset tersebut bahkan juga berdampak buruk bagi generator itu sendiri.

Cara kerja AVR

 Untuk menghasilkan voltase, frekuensi dan arus listrik yang stabil dari genset maka kita sangatlah memerlukan AVR (auto voltage regulator). 
Dimana cara kerja dari AVR tersebut ialah mengatur bagian arus penguatan atau biasa disebut juga dengan excitacy pada bagian exciter saat kondisi tegangan listrik yang dihasilkan oleh genset berada pada tegangan dibawah minimal yang ditentukan, maka AVR yang terpasang pada genset akan secara otomatis menaikkan tegangan sesuai yang telah ditentukan. 
Begitu juga sebaliknya, ketika tegangan yang dihasilkan oleh genset berada diatas tegangan yang telah ditentukan, maka AVR juga akan menurunkan tegangan tersebut agar sesuai. 

Kerusakan yang sering terjadi pada AVR 

   Ada beberapa kerusakan yang secara umum sering terjadi pada AVR genset seperti diantaranya:

  • Sekering / fuse putus.  Hal ini biasanya dikarenakan overload kapasitas atau juga terjadi short / konslet pada instalasi kelistrikannya. 
  • Ausnya komponen carbon brush / batu arang dan perlu dilakukan pengecekan pembersihan dan penggantian secara berkala, karena apabila carbon brush sudah aus dan tidak segera dilakukan penggantian bisa mengakibatkan terputusnya tegangan listrik yang seharusnya dihasilkan oleh putaran generator. 

Posting Komentar

0 Komentar