cara kerja genset serta jenis jenisnya

semua peralatan elektronika maupun alat kelistrikan tentu saja membutuhkan energi listrik untuk membuatnya dapat bekerja. mulai dari peralatan rumah tangga,perkantoran hingga peralatan industri.

namun seperti kita ketahui,dinegara kita ini tidak selamanya listrik akan menyala secara terus menerus. seperti contoh ketika musim penghujan datang,kita pasti akan sering dijengkelkan dengan terputusnya aliran listrik dari PLN sebagai pemasok tunggal aliran lisrik.
untuk mengatasi masalah ini,dapat kita lakukan dengan menggunakan genset sebagai alternatif pengganti sumber energi listrik disaat pemadaman.
dalam hal ini kita perlu mengetahui apakah itu genset serta bagaimana cara kerjanya serta jenis jenis dari genset tersebut.




KOMPONEN DALAM GENSET

untuk mengetahui dari cara kerja genset,tentu saja sebelumnya kita perlu ,mengetahui apakah saja komponen komponen utama yang terdapat pada genset tersebut.

komponen utama yang terdapat pada genset diantaranya;

  1. engine / mesin utama 
  2. generator / dinamo
  3. cooling & exhaust system
  4. auto voltage regulator /AVR
  5. control panel
  6. lubrication system
  7. battery charger 
berbagai komponen tersebut diatas akan saling mendukung saat bekerja sehingga akan mampu untuk menghasilkan listrik.

terdapat dua jenis cara penyalaan genset,diantaranya maenggunakan ignition coil serta menggunakan double stater.

CARA LISTRIK DIHASILKAN

prinsip kerja genset ialah merubah energi mekanis menjadi energi listrik dengan cara proses induksi magnetis.
jadi saat engine dinyalakan dan menghasilkan tenaga putaran yang selanjutnya tenaga putaran tersebut di distribusikan untuk memutar rotor generator.
saat rotor dalam generator tersebut berputar sehingga akan menghasilkan induksi elektromagnetik terhadap lilitan kawat yang ada disekitarnya sehingga akan menghasilkan energi listrik.

JENIS GENSET BERDASARKAN BAHAN BAKARNYA

terdapat beberapa jenis genset berdasarkan bahan bakar yang digunakan.
ada genset dengan bahan bakar gas,dengan bahan bakar bensin serta yang paling banyak digunakan serta mampu untuk menghasilkan energi listrik yang besar yaitu menggunakan bahan bakar solar / diesel.

genset dengan bahan bakar bensin dan gas pada umumnya paling banyak digunakan untuk keperluan rumah tangga.
sedangkan untuk bahan bakar solar biasanya banyak digunakan dalam industri karena mampu menghasilkan daya yang sangat besar.
bahkan mampu menghasilkan daya diatas 100Kva.

PERAWATAN / MAINTENANCE GENSET

seperti halnya dengan alat dan mesin lainnya,penggunaan genset juga perlu diperhatikan perawatannya supaya dapat bekerja sebagaimana mestinya serta supaya lebih awet.

ikuti petunjuk yang ada dalam manual book dari produsen pembuatnya.
perhatikan jam penggunaan genset untuk penggantian pelumas / olie secara berkala,bersihkan sistem penyaring udara / filternya.
serta jika genset tidak digunakan dalam waktu yang lama,sebaiknya minimal 4 minggu sekali dinyalakan untuk dilakukan pemanasan serta untuk pengisian aki agar ketika sewaktu waktu genset diperlukan tidak terjadi masalah.



Posting Komentar

0 Komentar