pengertian IC / integrated circuit dan sejarah singkatnya

Integrated circuit ialah sebuah komponen elektronika yan terdiri dari sekumpulan resistor,transistor dan komponen komponen lainnya.
IC biasanya digunakan sebagai sebuah otak dari peralatan elektronika,dan dapat dengan mudah kita temukan dalam komponen handphone,televisi,komputer dan aneka alat elektronika yang lain.

IC yang paling kompleks biasanya tererdapat dalam sebuah komputer atau biasa disebut dengan mikroprosesor.
dalam sebuah mikroprosesor yang memiliki kecepatan sampai dengan 3,8Ghz, terdapat sampai dengan 125 juta transistor dan itu belum termasuk komponen yang lainnya.
sedangkan untuk mikroprosesor yang memiliki kecepatan 5Ghz terdapat sejumlah 2x10^9 transistor serta belum termasuk komponen yang lainnya.



integrated circuit baru mampu diproduksi pada abad ke-20 ketika fabrikasi alat alat semikonduktor serta penemuan penemuan dalam eksperiment yang menunjukkan bahwasannya alat semikonduktor mampu melakukan tugas dan fungsi seperti yang dilakukan oleh tabung vakum.

pengintegrasian transistor yang memiliki bentuk yang sangat kecil dan berjumlah sangat banyak ke dalam sebuah chip yang memiliki bentuk yang kecil merupakan suatu peningkatan yang sangat luar biasa dalam bidang teknologi.

dengan penggunaan IC ada banyak keuntungan yang didapatkan, diantaranya penggunaan daya listrik yang rendah,dapat diproduksi secara massal,serta menjadikan bentuk peralatan elektronik menjadi semakin kecil akan tetapi dengan kemampuan yang sangat besar.

SEJARAH PENEMUAN IC

penemuan awal dari komponen IC dimulai ketika pada tahun 1949 seorang engineer dari jerman bernama Werner Jacobi dari Siemens AG mengajukan hak paten atas penemuan amplifying device semiknduktor dengan struktur yang snagat mirip dengan IC.
dimana pada awalnya dia mengunakan lima transistor yang diaplikasikan kedalam sebuah subtrat dalam susunan amplifier 2 tahap.
Jacobi mengemukakan dengan contoh alat bantu pendengaran dengan tipikal aplikasi industri dan hak paten tersebut.

kemudian Jack Kilby pada tahun 1957 melalui proyeknya yang bernama Micro modul program membuat sebuah miniatur berbentuk kotak persegi kecil dari keramik.
dimana dari setiap sisi persegi tersebut memuat satu miniatur komponen.
komponen komponen itu kemudian disatukan dan disambungkan dengan kabel untuk membentuk suatu kisi2 ataupun 3 dimensi.

Kilby kemudian dipekerjakan oleh Texas Instrument,dimana kemudian idenya tentang IC dituliskannya pada tahun 1958 dan sukses membuat sebuah prototype yang dapat bekerja pada 12 september 1958.

atas jasa,peranan dan penemuannya dalam bidang IC, akhirnya Jack Kilby dihadiahi dengan Nobel Prize dalam bidang fisika pada tahun 2000.

Selain kilby ada juga Noyce yang mengembangkan sebuah chip yang dapat menangani beberapa masalah praktikal dimana tidak dapat ditangani oleh chip ciptaan kilby.
chip yang diciptakan oleh Noyce dibuat di Faichild Semiconductor dengan menggunakan bahan silikon,sedangkan chip ciptaan kilby menggunakan material Germanium.

Fairchild Semiconductor memproduksi chip dengan silikon secara Self Aligned Gate.
dimana ini merupakan dasar dari teknologi CMOS dimana sampai saat ini banyak digunakan dalam teknologi komputer.
sedangkan teknologi Self Aligned gate ini ditemukan oleh seorang fisikawan dari italia bernama Federico Faggin pada tahun 1968.

Federico Faggin kemudian bekerja dan mengembangkan CPU / Central Processing Unit pertamanaya dalam sebuah chip di perusahaan Intel (Intel 4004) dimana hal ini mengantarkannya mendapatkan penghargaan National Medal Of Technology And Innovation pada tahun 2010.

Posting Komentar

0 Komentar