Skema Saklar lampu otomatis menggunakan LDR


   Saat kita sering pulang dari bekerja sampai malam hari, atau saat kita bepergian keluar kota berhari-hari, tentunya ada beberapa dari kita yang sering membiarkan lampu di rumah tetap menyala. Hal ini secara otomatis akan menambah biaya pengeluaran tagihan listrik alias pemborosan karena hal tersebut.
   Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan membagikan skema elektronika sederhana yang bisa digunakan untuk mengatasi hal tersebut, yaitu membuat sebuah saklar elektronik otomatis.
   Basic pada rangkaian project kali ini, adalah menggunakan LDR (photoresistor) / sensor cahaya dan sebuah relay 12v 5 pin.


 
   Cara & prinsip kerja dari LDR adalah: 
LDR (Light Dependent Resistor) merupakan salah satu komponen resistor yang nilai resistansinya akan berubah-ubah sesuai dengan intensitas cahaya yang mengenai sensor ini. LDR juga dapat digunakan sebagai sensor cahaya. Perlu diketahui bahwa nilai resistansi dari sensor ini sangat bergantung pada intensitas cahaya. Semakin banyak cahaya yang mengenainya, maka akan semakin menurun nilai resistansinya. Sebaliknya jika semakin sedikit cahaya yang mengenai sensor (gelap), maka nilai hambatannya akan menjadi semakin besar sehingga arus listrik yang mengalir akan terhambat.
   Fungsi dari rangkaian ini adalah akan menyalakan lampu disaat malam hari atau disaat gelap dan akan mematikan lampu disaat siang hari.
   Skema dari rangkaian saklar lampu otomatis: 




Komponen yg dibutuhkan: 
1. 1pcs LDR
2. 1pcs relay 12V
3. Transistor BC547
4. Resistor 410R / 470R
5. Sumber tegangan 12V untuk supply relay

   Berikut adalah video hasil dari perakitan sederhana dari skema rangkaian diatas: 



   


---------------------------------------------------------------------------------




Note:

   Supaya lebih aman, sebaiknya pengaplikasian rangkaian diatas di solder kesebuah PCB dan di masukkan ke dalam boxs atau di masukkan kedalam chasing, karena rangkaian ini menggunakan arus listrik tegangan tinggi 220V !

Posting Komentar

0 Komentar