Pengertian tang ampere dan cara kerjanya


   Tang ampere / clamp meter adalah alat ukur yang digunakan untuk mengukur arus listrik yang melalui kabel konduktor melalui tengah-tengah rahang penjepitnya (clamp) tanpa harus melakukan kontak langsung dengan inti kabel yang dialiri arus listrik. Dengan demikian kita akan lebih mudah mengkur arus yang mengalir melalui kabel tersebut tanpa harus membongkar dan mengganggu instalasi listrik yang sedang bekerja, khususnya pengukuran dalam arus listrik yang berukuran sangat besar seperti dalam industrial. 
   Pada umumnya tang ampere yang didesain oleh produsennya juga memiliki fungsi sebagai avometer / multitester. Jadi selain menggunakan tang penjepit, juga memiliki 2 kabel probe dan selector yang bekerja dan berfungsi seperti halnya multitester pada umumnya dan ada beberapa seri yang juga dapat digunakan untuk memgukur suhu. 

Prinsip kerja tang ampere / clamp meter

   Pada intinya, clamp meter menggunakan prinsip kerja induksi magnetik sehingga dapat menghasilkan pengukuran non kontak / tanpa bersentuhan langsung dengan kabel yang sedang dialiri arus listrik. Sebagaimana diketahui, ketika konduktor dialiri arus listrik akan menghasilkan medan magnet. 
Ketika arus listrik AC (bolak-balik) mengaliri sebuah kabel, maka akan menyebabkan fluktuasi dinamis dalam medan magnet yang sebanding dengan aliran arus listriknya. Sebuah lilitan trafo yang terdapat dalam clamp meter dapat mendeteksi fluktuasi magnetis tersebut dan mengkonversikannya menjadi angka-angka digital yang ditampilkan dalam layar LCD. 

Cara kerja tang ampere / clamp meter

   Cara pemakaian tang ampere ini sangatlah mudah, berikut ini beberapa urutan didalam penggunaan tang ampere ini: 
  • Putar selector dan arahkan ke pengukuran ampere meter, biasanya ditandai dengan kode huruf A dengan lambang kode sinus diatasnya. 
  • Tekan trigger untuk membuka penjepit / clamp. 
  • Jepitkan clamp penjepit ke konduktor kabel yang sedang bekerja / dialiri arus listrik AC dan lepaskan kembali trigger sehingga posisi kabel berada pada tengah-tengah clamp. 
  • Pada layar display yang biasanya ditampilakan oleh perangkat LCD, kita bisa mengetahui berapakah arus listrik yang mengaliri kabel tersebut. 
   Sedangkan penggunaan tang ampere untuk mengukur resistansi dan tegangan, kita dapat menggunakan 2 kabel probe yang biasanya disertakan dalam paket penjualan, dan tentu saja kita harus mengarahkan selector sesuai dengan apa yang akan kita ukur. 

Posting Komentar

0 Komentar